Kamis, 05 Maret 2015

METODE METODE SOSIOLOGI





Dalam meneliti masyarakat diperlukan metode atau cara yang tepat. Sosiologi metode yang membedakannya dengan ilmu lainnya. Metode sosilogi bersifat ilmiah yang dilakukan dengan cara penelitian.
Menurut Abu Ahmadi ada beberapa  metode dalam sosiologi yaitu:
1.     Historical method yaitu suatu cara penelusuran terhadap kebudayaan serta struktur masyarakat yang telah lampau, kemudian diambil contohnya untuk masa depan.
2.    Comparative method, metode ini digunakan dengan cara membandingkan satu masyarakat dengan masyarakat lain atau antara kebudayaan satu dengan kebudayaan lain, sehingga akan diperoleh hasil berupa garis persamaan dan benabg merah yang berlaku umum.
3.    Statistical method, yaitu untuk mengukur gejala sosial yang muncul secara kumulatif  kemudian diinterpretasikan kedalam pemahaman umum.
4.    Case study method, yaitu metode yang digunakan untuk menyelidiki peristiwa yang terjadi disekitar kelompok masyarakat maupun lembaga tertentu untuk mendapatkan garis pokok dari peristiwa itu. Metode ini disebut juga metode survei.

Menurut Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt
1.     Study cross sectional, yaitu study yang meliputi suatu daerah pengamatan yang luas dalam waktu tertentu.
2.    Studi longitudinal, yaitu studi yang berlangsung sepanjang waktu yang menggambarkan suatu kecenderungan atau serangkIn observasi sebelum dan sesudah.
3.    Studi ex post factor, yaitu study yang berlangsung sepanjang waktu dan berlansung atau bekerja mundur dengan metode yang telah cacat.
4.    Eksperimen laboratorium, yaitu eksperimen yang menggunakan orang untuk diteliti atau direkrut, dikumpulkan dan mungkin dibayar selama eksperimen berlansung.
5.    Eksperimen lapangan, eksperimen yang risetnya dilakukan diluar laboratorium bukan dalam laboratorium.
6.    Penelitian pengamatan, yaitu penelitian yang digunakan dengan cara mengamati terjadinya suatu kejadian yang telah dibuat-buat

Selain berbagai metode yang dikemukakan oleh para ahli, adapula berbagai metode sosiologi yang telah dirangkum yaitu:
1.     Metode statistik
Merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menunjukkan hubungan atau pengaruh kualitas serta memperkecil prasangka pribadi sepihak atau pribadi. Penerapan metode ini yang paling sederhana adalah penghitungan. Hasil dari penelitian dengan metode ini diketahui hasilnya dengan cara kuantitatif dan hasilnya berupa angka.
2.    Metode eksperimen
Dalam metode eksperimen dilakukan dengan dua kelompok. Dimana kelompok pertama merupakan kelompok eksperimen dan kelompok kedua merupakan kelompok kontrol. Sedangkan macamnya terdapat dua macam yaitu eksperimen lapangan dan eksperimen laboratorium.
3.    Metode deduktif dan induktif
Metode induktif merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh kesimpulan secara khusus dengan mempelajari gejala-gejala yang umum. Sedangkan metode deduktif merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh kaidah umum dengan mempelajari gejala-gejala khusus.
4.    Metode studi kasus
Metode studi kasus merupakan metode yang digunakan untuk meneliti kebenaran suatu peristiwa dan suatu kasus tertentu di daerah tertentu.
5.    Metode survei lapangan
Metode ini merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh data yang hanya ada pada kehidupan masyarakat secara lansung dengan menggunakan angket, wawancara atau observasi.
6.    Metode partisipasi
Merupakan metode yang digunakan untuk mengadakan penelitian terhadap kehidupan kelompok. Peneliti berbaur atau berpartisipasi lansung dalam kehidupan masyarakat yang akan diteliti untuk melakukan pengamatan atau kegiatan penelitian. Peneliti memperoleh hasil penelitian secara lansung dari tempat dan masyarakat.
7.    Metode empiris dan rasionalitas
              Metode empiris menyandarkan diri pada fakta yang ada dalam masyarakat melalui penelitian, sedangkan metode rasionalitas merupakan metode yand digunakan dengan mengutamakan pemikiran sehat untuk mencapai pengertian tentang masalah masyarakat.
8.    Metode fungsionalisme
Metode fungsionalisme bertujuan untuk meneliti kegunaan lembaga kemasyarakatan dan struktur sosial lainnya.
9.    Metode studi pustaka
Metode studi pustaka merupakan metode yang dilakukan dengan cara mencari sumber data dan keerangan dari buku atau literatur di perpustakaan.


0 komentar:


By Animart